Sekarang Beanja Cukup Pake Sidik Jari Aja Lho ..



Di Ruelzheim, Jerman, uang tunai, cek, giro serta kartu kredit sudah ketinggalan zaman. Edeka, pasar swalayan setempat mengumumkan menggunakan sidik jari dalam transaksi jual beli. Sama seperti di pusat perbelanjaan umumnya, transaksi dimulai dengan menghitung total barang-barang belanjaan.

Selanjutnya, pembeli dipersilakan meletakkan salah satu jari pada sebuah pemindai khusus. Alat ini akan membaca identitas pembeli. Setelah transaksi selesai, pembeli diizinkan membawa barang-barang belanjaan pulang. Transaksi ini menghemat waktu sekitar satu menit yang biasa digunakan untuk merogoh tas, membuka dompet, menghitung uang, atau mengeluarkan kartu kredit.

Untuk bisa menggunakan metode ini, pembeli harus mendaftarkan nomor kartu kredit beserta sampel sidik jari agar bisa disimpan di dalam server komputer Edeka. Sejak sistem ini diluncurkan pada November silam, Edeka telah menerima sekitar seratus konsumen.

Sejumlah lembaga konsumen menilai, cara ini kurang aman dari segi pencatatan data. Informasi pribadi pembeli seperti nomor kartu kredit berisiko untuk disalahgunakan. Namun, Manajer Edeka, Roland Fitterer, menjamin keamanan sistem ini dengan berbagai teknologi canggih.

Apalagi, kemungkinan dua orang memiliki cap jari yang sama adalah satu di antara 220 juta. Cara bertransaksi seperti ini akan diterapkan di kota-kota lain di Jerman April mendatang.

Sumber: merdeka.com




Share on Google Plus

About MAMENEWS

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar