Mengenal Sosok Lao Tse


Lao Tse dikenal sebagai penulis buku Tao Te Ching. (Cara Lama dan Kekuasaannya). Buku itu diperkirakan ditulis pada abad ke-4 SM. Ajarannya banyak dianut orang, terutama bangsa Cina. Penganut ajaran Laot Tse disebut Taoist, sedangkan ajarannya di sebut Taoisme. 

Biografi Lao Tse kurang banyak di ketahui. Ia lahir dan hidup di Cina Utara di kota Loyang. Sebagian besar hidupnya diabadikan pada sejarah dan pembimbing arsip pemerintahan. Menurut Perkiraan, Ia hidup pada Dinasti Chou. Laot Tse bukan nama sebenarnya, namun merupakan panggilan kehormatan yang bermakna sesepuh. Laot Tse mempunyai seorang istri dan seorang anak yang bernama Tsung yang kemudian menjadi Jendral di negri Wei.

Bukunya amat ringkas dan sarat dengan buah pikiran bijak. di dunia barat, Laot Tse lebih populer daripada KongHucu. Di negri Cina sendir, ajaran Laot Tse dihargai, baik oleh para Penganut KongHucu maupun Budha Zen. Salah satu ajaran Thaoisme sangat terkenal adalah Kesederhanaan dan kewajaran. Penganut Thaoist harus tunduk menghambakan diri dan bekerja sama dengan alam.
Share on Google Plus

About MAMENEWS

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar